Jejak Artikel Nonfiksi Tema Bebas WCR

Tips dan Trik Puasa Ibu Hamil

Di usia 34 tahun, Tuhan telah mengkaruniakan empat putri putri yang luar biasa kepada saya.

Selama hamil dan menyusui mereka, alhamdulillah saya tetap bisa berpuasa di bulan Ramadan. Apa saja tips dan trik yang saya lakukan agar tetap bisa menunaikan kewajiban berpuasa walaupun sedang hamil?

Yuk, simak satu per satu tips dan trik ala saya :

1. Pastikan terlebih dahulu Bunda tidak sedang hamil di trimester pertama atau di satu, dua, dan tiga bulan usia kehamilan.

Kenapa, ya?

Karena biasanya di usia kandungan ini Bunda akan alami yang namanya morning sickness yaitu rasa mual dan muntah. Tentu saja hal ini tak akan nyaman dalam berpuasa bukan.

Syukurnya selama hamil ke empat anak saya tidak dalam keadaan ini. Ada yang berpuasa saat kehamilan sudah trimeseter kedua dan ada juga yang trimester ketiga.

Terkadang ada juga ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness sama sekali atau bahkan ada juga yang malah harus bedrest hingga menjelang kelahiran. Nah, cuzz ke tips dan trik kedua.

2. Pastikan kondisi kehamilan Bunda dalam kondisi terbaik. Artinya tidak sedang alami kesusahan selama masa kehamilan, seperti pendarahan, muntah terus menerus, atau tidak mau makan sehingga tergantung dengan obat-obatan dan harus bedrest.

Pastinya ibu dan janin dalam kondisi kesehatan yang betul-betul fit.

3. Tentunya konsultasi dengan dokter atau bidan terdekat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi janin di dalam perut.

4. Makan-makanan bergizi. Hal ini tentu penting, dong. Bukan hanya agar kuat berpuasa, tapi ibu hamil memang harus makan dan minum yang bergizi. Selalu memenuhi kebutuhan cairan dengan baik.

5. Istirahat yang cukup dan tidak memforsir tenaga terlalu berlebihan.

6. Batalkan puasa jika dalam berpuasa Bunda mengalami uzur seperti sakit atau mendadak tidak kuat melanjutkan puasa.

7. Bersihkan hati dan possitive thinking.
Setiap kehamilan berbeda-beda kondisinya, jadi jangan pernah men-judge satu sama lain yaitu membandingkan diri Bunda dengan orang lain.

Seperti ibu hamil yang berpuasa berkata kepada ibu hamil yang tidak berpuasa.

“Alaah, alasan saja nggak puasa. Aku saja bisa.”

Atau

“Dia bisa puasa, kok, aku nggak bisa, ya.”

Eh, karena takut dicap ini itu lalu memaksakan diri puasa. Oh, no. Jangan, ya, Bunda.

Demikiam tips dan trik ala saya dalam berpuasa selama masa kehamilan. Bagaimana dengan Bunda?

Semoga kehamilan Bunda selalu sehat dan dilancarkan dalam persalinan nantinya. Aamiin.

jejakme/walidahariyani

0Shares

(1) Komentar

  1. […] Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Efek sounding yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membantu memenuhi apa yang diinginkan. Seperti saya yang ingin berpuasa dan tetap bisa menyusui.Selanjutnya selamat mencoba.Baca juga tips dan trik puasa ibu hamil di sinijejakme/walidahariyani […]

%d blogger menyukai ini: