Jejak Literasi

Sabar, Sabar, dan Sabar; Kau Tetap Menjadi Ibu Hebat

Keseharian berkesempatan membersamai tumbuh kembang anak-anak adalah merupakan sebuah karunia dari Allah. Banyak pelajaran berharga yang didapat di dalamnya. yang teramat penting bagi seorang ibu adalah sebuah kesabaran yang mesti harus digodok setiap hari.

Kesabaran itu tentu dalam berbagai hal. Sabar melayani mereka yang terkadang tidak mengerti keinginan kita. Sabar memahami ketidak sabarannya, sabar menghadapi maunya, sabar menenangkannya ketika tantrum, sabar menjelaskan sesuatu sampai berbusa-busa, tapi egonya juga yang maju. Sabar, sabar, dan sabar.

Lelah dan penat menahan gejolak amarah bukanlah hal mudah. Butuh latihan.

Seorang ibu dengan tugas yang bejibun pula, menuntut mereka tidak hanya terampil tugas rumah, tapi juga harus terampil mengendalikan emosi.

Jangan heran, jika sewaktu- waktu seorang ibu sesabar apa pun dia akan ada waktunya ngegas, ceramah panjang lebar. Berharap yang sudah mengerti akan mengerti dan yang belum mengerti tetap si ibu ingin dimengerti. He he …

Allah memang menjanjikan pahala yang luar bisa bagi ibu-ibu yang berjuang untuk tugasnya yang Allah amanahkan kepadanya. Besar pahala, besar pula ujiannya.

وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَآ أَمْوَٰلُكُمْ وَأَوْلَٰدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ ٱللَّهَ عِندَهُۥٓ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Artinya : Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.( Qs. Al Anfal: 28)

Makanya untuk seorang ibu yang hari ini tugas rumahnya tidak sempat kelar dan masih berantakan, seorang ibu yang hari ini tak sengaja membentak anaknya, seorang ibu yang hari ini belum sempat dandan yang rapi, seorang ibu yang ketika telah datang waktu malam dia belum sempat pamit dengan suami dan keduluan ketiduran.😢 maafkanlah kealpaannya, maafkan ketidak sempurnaannya, dia tetap ibu yang hebat.

Tapi dengan catatan, dia memang benar-benar ibu yang selalu berusaha menjadi ibu yang baik untuk keluarga. Bukan ibu yang dengan sengaja melalaikan tugasnya.

jejakme/rusminiummuhuwaida

0Shares
%d blogger menyukai ini: