Jejak Artikel Jejak Literasi Nonfiksi

Inilah 10 Faedah Bangun Shubuh

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Siapa yang suka bangun siang?Hayo ngaku!
Ngakunya di hati saja, ya, hehe.

Kalau kamu ngakunya muslim. Yuk, ubah kebiasaan bangun siang jadi kebiasaan bangun shubuh atau pagi-pagi!

Jangan sampai kita yang muslim ini sering telat salat shubuh, tapi tanpa merasa bersalah sama sekali. Kalau kesiangan mah beda lagi. Itu pun bagi seorang muslim yang taat, tentu merasa sedih karena dia tahu berkah pada hari itu berada di permulaan hari.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya, Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Dawud).

Nah, itu doa Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam. Rugi kan kalau kita tidak mendapat bagian dalam doa tersebut?

Memang apa saja, sih, manfaat atau faedah bangun shubuh atau pagi-pagi. Yuk, simak satu per satu;

🌻 Membangkitkan aktivitas

Coba saja bangun pagi-pagi, pasti kita akan bersemangat beraktivitas. Dalam sebuah study disebutkan bahwa waktu pagi ini banyak memberikan energi positif bagi kinerja di dalam tubuh kita. Termasuk kinerja susunan saraf, kinerja otak dan kinerja susunan otot. Ditambah udara pagi yang segar dengan rentang waktu yang cukup sedikit, ternyata mengandung sebuah pelepasan gas ozon yang tentu sangat baik untuk kesehatan.

Di dalam tubuh kita ada yang namanya hormon kulit anak ginjal. Hormon kulit anak ginjal adalah hormon yang bisa membangkitkan aktivitas dalam diri manusia yang akan mengalami perkembangan dan ketajaman bersamaan dengan masuknya salat shubuh. Oleh karena itu, seseorang akan mengalami peningkatan semangat usai salat shubuh dengan catatan tidak tidur lagi, ya. Nanti kita tak sempat menyaksikan begitu indahnya si embun pagi 😊

🌻 Pagi-pagi sampai ke tempat kerja

Salah satu faktor keterlambatan itu adalah akibat kesiangan, lho. Sebaliknya orang yang bangun shubuh in syaa Allah dijauhkan dari ketergesa-gesaan, tenang, dan sampai lebih awal.

🌻 Menambah oksigen

Iya banget. Oksigen bertebaran di pagi hari. Apalagi di bawah pepohonan nan rindang. Oksigen sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk merangsang perkembangan berpikir atau kekuatan akal. Lagi pula ternyata tubuh yang kurang oksigen akan mudah terkena sakit. Pemompaan darah dalam tubuh saja butuh oksigen, lho.

Jadi, kalau bisa menyempatkan diri berolah raga di pagi hari, itu sangat baik untuk mengikat oksigen.

🌻 Menambah rutinitas pagi

Kebiasaan bangun di shubuh hari dengan waktu yang berkah bisa juga menambah rutinitas harian. Misalnya bagi ibu-ibu yang terbiasa kerja domestik dan lebih awal selesai bisa menambah kegiatan muroja’ah sambil menyiram bunga atau bisa bercengkerama dengan si kecil lebih tenang tanpa memikirkan pekerjaan yang menumpuk.

🌻 Kesempatan untuk menata, merencanakan, dan merenungkan

Waktu pagi adalah sebuah kesempatan untuk berpikir bagaimana sebuah rutinitas yang akan kita jalankan seharian penuh. Begitu juga sebuah kesempatan untuk evaluasi diri, merenungkan hal-hal yang diubah dan diperbaiki. Beda dengan orang-orang yang bangun kesiangan biasanya malah tergesa-gesa tidak sempat untuk berpikir panjang atau bahkan diliputi oleh rasa malas karena tanpa rancangan di dalam otak. Hal ini sering membuat orang yang kesiangan dilanda kebingungan.

🌻 Bagi pejuang nafkah, inilah waktu yang berkah.

Coba saja bangun kesiangan, jika dia seorang pekerja tentu akan sangat tergesa-gesa. Contohnya seorang pedagang kecil-kecilan yang beroperasi pagi hari. Bisa-bisa kehilangan pelanggan akibat kesiangan.

🌻 Waktunya berbuat kebajikan lebih banyak

Pagi adalah waktu yang Allah sediakan untuk kita lebih banyak berbuat kebajikan. Baik yang berhubungan dengan yang sesama manusia, misal ; bertegur sapa, bertukar senyum, menyediakan sarapan untuk keluarga, dan memberikan sedekah yang mana membuat hati bisa menjadi lapang.

Untuk yang berhubungan dengan pencipta, kita bisa berkesempatan ikut melaksanakan salat shubuh berjama’ah yang pahalanya dilipat gandakan oleh Allah. Apalagi mengawali hari dengan membaca beberapa lembar ayat Alquran adalah dianggap sebagai permulaan hari yang baik untuk membersihkan kotoran hati. In syaa Allah.

🌻 Menghindari lupa

Jika seseorang yang bangun pagi-pagi bisa berpikir lebih lama untuk hal-hal yang penting, hingga untuk kelupaan terhadap sesuatu yang urgen itu sangat minim dan terhindar dari kebingungan. Bekerja aman dan tenang.

🌻Rezeki yang berkah

Bangun pagi merupakan faktor utama untuk memperoleh rezeki yang berkah.

Yang dimaksud di sini bukan harta semata-mata, akan tetapi segala kenikmatan yang diperoleh manusia termasuk jenis kebaikan.

🌻Berada dalam perlindungan Allah.

Orang yang melaksanakan salat shubuh berjama’ah (wajib untuk laki-laki) membuat jiwa terlindung dari berbagai macam bahaya.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa yang melaksanakan salat shubuh berjama’ah niscaya dia berada dalam tanggungan Allah. (HR. Muslim, ibnu Hibban)

Alhamdulillah sudah selesai penjabarannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Sumber bacaan: Majdi asy-syahawi.2008. Kunci-kunci pembuka pintu rezeki. Surakarta: Ziyad books. Dr. Zuhair Rabih. Sehat Bersama Shalat.

jejakme/rusminiummuhuwaida

0Shares
%d blogger menyukai ini: