Jejak Artikel Jejak Info Jejak Literasi Tema Bebas WCR

7 Tipe Pembaca Saat Physical Distancing

Tahun 2020 menjadi masa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana semua orang yang mulanya bisa bersua bebas, mau tak mau harus bisa menahan diri demi tidak tersebarnya sang corona.

Ya, ia si virus kecil yang kini mewabah di seantero jagad. Banyak kebijakan yang menerapkan untuk tetap stay at home. Walaupun masih banyak kenyataannya orang-orang berkeliaran di jalan-jalan atau di mana-mana. Kebanyakan alasannya tentu saja harus mencari rezeki atau bisa jadi juga sebab lain.

Kalau tetap keluar rumah, seharusnya jaga jarak dilaksanakan, dong. Maka keterbatasan berbicara secara langsung bisa jadi membuat mood menurun.

Nah, sebagian orang selain mendengarkan musik atau hal lainnya, mereka lebih memilih aktivitas membaca agar mood bisa tetap stabil.

Ngomong-ngomong soal membaca kamu termasuk tipe yang mana dari 7 tipe pembaca selama physical distancing?

1. Pembaca Self Reminder

Corona nyata menjadi tamparan keras untuk kita. Ada banyak hal yang dibatasi karena pandemi ini. Bahkan kegiatan spiritual pun tidak dapat dilaksanakan secara bersama lagi.

Meski begitu, tentu kita harus tetap menjaga hati agar iman tidak terus menerus merosot tajam. Pandemi ini bisa jadi membuat kita mawas diri, evaluasi diri, dan memperbaiki diri. Salah satunya dengan membaca kalam Tuhan yang mampu menenangkan jiwa atau membaca buku-buku motivasi yang bisa menjaga semangat agar tidak tenggelam.

2. Pembaca Komik

Sebelum kebijakan physical distancing diterapkan ada banyak keinginan untuk membaca komik, tapi tak sempat. Penyebabnya bisa jadi karena harus belajar di sekolah yang mana pasti dilarang membawa buku yang bukan pelajaran.

Bagi orang-orang dewasa yang sejatinya memang hobinya baca komik, selama masa pandemi ini bisa jadi waktu yang tepat untuk melahap habis tumpukan komik baru yang belum dibaca.

3. Pembaca Puisi

Berbicara tentang puisi, ada yang bilang orang yang menulis puisi itu hebat banget dan membaca puisi mampu membuat hati melayang-layang.

Indahnya rima, diksi dalam puisi yang mendayu dengan rangkaian kalimat yang indah, nyatanya bisa membuat pikiran kita terbebas sejenak dari memikirkan kapan pandemi ini akan berakhir.

Mengalihkan pikiran dengan hal yang membahagiakan mampu mengurangi risiko stres yang siap menghadang efek pandemi.

4. Pembaca Buku Anak

Selama pandemi, anak-anak pun menjadi imbasnya. Proses belajar mengajar dipindahkan ke rumah masing-masing. Anak-anak dituntut untuk belajar daring.

Hal ini otomatis membuat anak-anak full time berada di rumah. Keberadaan mereka membuat kepala sang induk bisa cenat cenut. Nah, sebagian orangtua menyiasati hal ini dengan memborong banyak buku anak sebagai sumber bacaan.

Tujuannya selain membuat stay at home bermanfaat juga mengenalkan lebih dekat dunia literasi kepada mereka.

5.Pembaca Berita

Pembaca tipe ini adalah mereka yang selalu update akan segala berita, terutama yang bersangkutan dengan apa yang terjadi saat ini.

Berbagai macam berita dapat kita lihat dari mana saja ; koran, media sosial, dan lain-lain.

Bagi kamu dengan tipe ini tetap bijaklah dalam hal memilih berita. Ada banyak berita beredar, namun tidak semua dapat dijadikan rujukan, tidak semua dapat dipercaya.

6. Pembaca Novel

Novel bisa menjadi amunisi terbaru untuk kamu yang moodnya sedang turun dengan syarat yang dibaca adalah novel romantis yang bikin happy. Atau bisa jadi kamu pembaca novel segala genre. Ya, apa pun jenis novel yang kamu baca nyatanya tulisan-tulisan di dalamnya dapat menuntun kamu untuk menangis, tertawa, atau senyum-senyum sendiri.

7. Pembaca Malas

Hal terakhir ini bisa menjadi tipe kebanyakan orang. Mengingat angka pembaca aktif di negeri khatulistiwa ini jauh berada di bawah negeri-negeri lainnya.

Walau kebanyakan menyadari bahwa membaca adalah jendela dunia, tetap saja aktivitas satu ini tidak menggugah hati-hati yang terkunci rapat dengan kata ‘malas’.

Nah, itulah 7 tipe pembaca ala jejakme.com. Kamu termasuk tipe yang mana? Komen, yuk!

jejakme/walidahariyani

0Shares
%d blogger menyukai ini: