Jejak Literasi Tema Bebas WCR

5 Tips dan Trik Menambah Follower Instagram

Selama masa pandemi ini, hal paling lancar yang bisa dilakukan adalah mengikuti berbagai kelas online.

Walau sebenarnya meski tidak pandemi, kelas yang saya ikuti ya tetap aja online juga. Cuma intensitas di rumah bertambah lebih banyak dibandingkan tidak stay at home.

Biasanya paling tidak akhir pekan atau tanggal merah masih bisa menghirup udara luar sekaligus cuci mata. Dengan adanya kondisi sekarang, mau tidak mau saya harus membatasi diri agar rantai covid-19 ini cepat berlalu. Aamiin.

Nah, salah satu kelas yang saya ikuti adalah kelas kulwap (kuliah whatsapp) bagaimana menambah follower instagram.

Kalau follower saya, sih baru sedikit banget. Baru juga 200-an, itu pun bertambah dengan saling follow akun. Sekarang baru dapat ilmunya buat nambah follower hihiโ€ฆ

Buat Anda yang ingin menjadikan IG sebagai media promosi, jualan, dakwah, atau pun branding diri patut dicoba 5 tips dan trik berikut :

๐Ÿ“ŒTentukan target pasar follower

Sebelum membuat akun IG, yuk, tentukan dulu targetnya. Misalnya target yang ingin Anda tuju adalah dewasa, maka bahasa yang digunakan juga tampak lebih dewasa dan jauh dari kesan alay bin lebay.

Sebaliknya jika targetnya remaja, berarti bahasa yang digunakan adalah bahasa kekinian, bahasa gaulnya anak-anak zaman now. Jangan sampai target remaja tapi IG berasa manula. Wah, nggak banget, ya.

๐Ÿ“ŒPerhatikan Konten

Konten alias isi. Anda mau IG berisi tentang apa. Sebaik-baik IG kalau bisa fokus, ya. Jangan dibikin gado-gado. Kenapa? Agar tampilannya oke, kalau berantakan katanya bisa bikin mata sepet dan malas. Apalagi pada pandangan pertama kan terlihat banget, ya, jika rapi jali pasti menarik untuk dilirik. Aih.

Ok next.

Jadi, konten yang baik untuk menarik orang-orang mem-follow akun kita adalah akun yang relate dengan keadaan sekarang, memposting apa-apa yang sedang trend/up to date, dan satu lagi akun yang dapat menarik para pengguna IG adalah akun dengan ciri yang khas.

Misal akun khusus desain, qoute, dll.

Trik membuat akun menarik itu bisa dengan Anda jalan-jalan ke akun yang follower-nya sudah bejibun. Lihat bagaimana mereka membuat konten, caption, dan tentunya tampilan visual yang ditampilkan.

๐Ÿ“ŒTag Akun Lain

Cara ketiga ini saya belum pernah juga mencoba, tapi katanya mentag akun lain yang followernya sudah banyak, maka ada kemungkinan repost atau follow dari akun lain yang mengikut akun tersebut.

Jika akunnya khusus untuk jualan, maka bisa jadi nge-tag akun para selebgram atau influencer.

๐Ÿ“ŒRajin Follow

Cara keempat ini lumayanlah pernah saya jalankan. Tapi, belum bisa dikatakan rajin juga hihiโ€ฆ

Biasanya di beberapa grup ada yang suka saling follow akun medsos. Nah, Anda ikut sertakan saja link akunnya, pasti ada saja yang akan mem-follow Anda.

๐Ÿ“ŒAjak Follower Berinteraksi

Ini cara terakhir menurut materi yang saya dapat. Jika Anda sudah mempunyai follower, maka ajaklah sesekali mereka berinteraksi. Baik dengan membuat caption pertanyaan, tebak-tebakkan atau menjawab komentar-komentar.

Demikianlah 5 tips dan trik untuk memperbanyak follower.

Pertanyaan terakhir sebelum postingan ini habis adalah untuk apa, sih, follower banyak?

Jawabannya adalah jika itu untuk media dakwah, maka artinya jangkauan dakwah Anda menjadi tersebar dan banyak yang membaca. Jika akun Anda berupa jualan online, tentu saja hal ini sangat menguntungkan. Di mana tager market semakin luas dan kemungkinan close juga semakin besar.

Danโ€ฆ banyak lainnya.

Selamat mencoba.

jejakme/walidahariyani

0Shares
%d blogger menyukai ini: